Ditjen Perkebunan Kementan RI Gelar Tanam Perdana Padi Gogo di Kabupaten Way Kanan

WAYKANAN, PemukaJaya.com – Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengadakan program gerakan tanam perdana di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kab. Way Kanan, Provinsi Lampung.

Program tersebut berupa perluasan areal tanam (PAT) padi Gogo yang terintegrasi dengan tanaman perkebunan dalam rangka antisipasi krisis pangan di Kabupaten Way Kanan, Sabtu (6/3/2024).

Dalam hal ini Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan Rofiki menerangkan bahwa, hari ini baru saja melaksanakan kegiatan kick off atau tanam perdana.

Hal tersebut menurutnya, sebagai tindak lanjut dari Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 194/Kpts/OT.050/M/03/2024, tentang Satuan Tugas Antisipasi Darurat Pangan dan Surat Plt. Direktur Perbenihan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Nomor: B-722/KB.030/E.2/03/2024, tanggal 14 Maret 2024 perihal Rencana Pelaksanaan PAT Padi Gogo di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.

Baca Juga  BABINSA KORAMIL KASUI DAMPINGI PELAKSANAAN VAKSIN KEPADA SISWA-SISWI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH

Disampaikan bahwa melalui keputusan dimaksud Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan melakukan upaya dalam penanganan antisipasi darurat pangan.

“Melalui ditjen perkebunan, pemerintah akan melaksanakan gerakan program PAT padi Gogo seluruh Indonesia, salah satunya provinsi Lampung dg target PAT 4.311 ha, dan way kanan mendapat alokasi sebesar 662 hektar,” ungkap Kadis Rofiki.

“Oleh Karena itu kami Dinas Perkebunan way kanan telah melaksanakan pendataan calon petani/calon lokasi (CP/CL) yang bersedia mengikuti program tersebut, baik lahan yang terintegrasi dengan tanaman perkebunan (sawit, kelapa, karet, kopi, dll) maupun lahan darat yg tdak terintegrasi,” ujarnya.

“Hari ini kita melaksanakan tanam perdana PAT Padi Gogo bersama unsur Direktorat Perbenihan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan dalam hal ini diwakili ibu Ebi Rulianti dan tim PAT Padi Gogo, Dari Dinas Perkebunan Provinsi Lampung dihadiri oleh Kabid Produksi, Leni Marlina dan Tim, Jajaran Dinas Perkebunan Kab. Way Kanan, Penyuluh Lapangan dan Petani sebagai pelaku utama, bertempat di Lahan Perkebunan Milik Kelompok Tani Susunan Baru, Kampung Negeri Baru, Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Way Kanan,” katanya.

Baca Juga  Kapolda Lampung Terima Kunker Spesifik Komisi III DPR RI di Provinsi Lampung

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya kita pemerintah kabupaten Way Kanan untuk membantu masyarakat minimal untuk memenuhi kebutuhan petani itu sendiri, dan juga diharapkan dapat mewujudkan Way Kanan unggul dan sejahtera,” tuturnya.

“Diharapkan agar petani benar benar bisa memanfaatkan program ini dengan cara memelihara tanaman padi yang sudah ditanam, supaya dapat menghasilkan produksi padi yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan,” pungkasnya. (red/gnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *