Peduli Lingkungan, Kodim Way Kanan Bersama Elemen Masyarakat Bersihkan Sampah Di Pasar

WAY KANAN, PemukaJaya.com (SMSI) – Personil Kodim Way Kanan bersama Warga menyisir sampah di setiap sudut Pasar, bertempat di Pasar Blambangan Umpu, Kamis (7/12/2023).

Tak lama setelah aksi sosial itu, Pasar Blambangan Umpu tampak bersih dari sampah plastik dan lainnya.

Progam karya bakti TNI ini dilaksanakan bersama sejumlah pihak sebagai bagian dari kampanye menjaga kebersihan lingkungan, bebas banjir dan mencegah penyebaran dari berbagai jenis penyakit.

Para anggota TNI bersama masyarakat keluar masuk hingga ke sudut-sudut pasar mencari sampah yang dibiarkan berserakan. Tidak sedikit sampah dari berbagai jenis yang mereka kumpulkan dalam kegiatan tersebut. Setelah dikumpulkan dalam karung, sampah tersebut langsung diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Baca Juga  Senator DPD RI Bustami dan HSNI Lampung Kunker Ke Pasar Ikan Lempasing Pesawaran

Plh. Pasiter Kodim 0427/Way Kanan Kapten Inf A. Yani Folsen mengatakan, karya bakti ini sebagai upaya pembinaan teritorial guna meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Sehingga kegiatan karya bakti ini dapat dipahami oleh masyarakat luas dan diharapkan dapat membangkitkan serta menumbuhkan kembali kecintaan rakyat terhadap TNI,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya gotong-royong sekaligus membangkitkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan. Sebab, selama ini pasar identik dengan kesemrawutan, berbagai ragam jenis sampah bisa dijumpai berserakan dimana saja dan bukan pada tempatnya,tutur A. Yani Folsen.

“Menciptakan pasar bersih dari sampah itu memang perlu. Dengan begitu, tak hanya pedagang yang diuntungkan, pembeli pun akan bisa menikmati saat melakukan aktivitas belanja di pasar tersebut,” ujar dia.

Baca Juga  Karang Taruna Way Kanan Dan STAI Al-Ma'arif Bersinergi Meningkatkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi.

Sementara, Dandim Way Kanan Letkol Inf Aan Fitriadi,S.I.P mengatakan, karya bhakti membersihkan pasar ini tidak hanya dilakukan oleh anggota Kodim Way Kanan, tetapi melibatkan masyarakat.

“Hari ini bersama warga, pihak kepolisian, BPBD dan Dinas Kebersihan juga melaksanakan kerja bakti dengan membersihkan Pasar Blambangan Umpu,” pungkas orang nomor satu di Kodim. (red/gnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *