Bawaslu Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi, publikasi, dokumentasi hasil Pengawasan Tahapan Pencalonan PILEG dan PILPRES, dengan menghadirkan 50 Jurnalis Way Kanan

WAY KANAN, PemukaJaya.com (SMSI) – Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Way Kanan menggelar Rapat Koordinasi, publikasi, dokumentasi hasil Pengawasan Tahapan Pencalonan Presiden/Wakil Presiden ,DPR Pusat, DPR Provinsi, Dan DPR Kabupaten, dengan menghadirkan 50 Jurnalis Way Kanan yang tergabung dalam beberapa Organisasi Pers, bertempat di Hotel Almer Baradatu. Selasa, (31/10/2023).

Acara dibuka oleh Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Imam Bukhori, dan didampungi 3 Anggota Divisi Bawaslu yaitu, Lekat Rizwan, Arif Rahman, Sigit Dwi Suwardi, serta menghadirkan juga Anggota KPU Way Kanan Doan Endedi, dan  Ketua KWRI Way Kanan M Fikri sebagai Narasumber.

Dalam sambutan Imam Bukhori menyampaikan, rasa terima kasih yang sebesar besarnya atas kehadiran insan pers Kabupaten Way Kanan dalam kegiatan ini, dan berharap sinergisitas antara Bawaslu dan Awak Media tetap terjalin agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Keberhasilan Pemilu yang lancar, aman dan kondusif tidak bisa lepas dari Peran Penting Insan Pers, Karena mereka juga merupakan Pilar ke-4 Demokrasi selain dari lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. “Ungkap Imam Bukhori.

Baca Juga  Sosialisasikan Komponen Cadangan, Dandim Ajak Warga Bergabung Bela Negara.

Dirinya memuji Bawaslu Way Kanan yang telah menggandeng insan pers dalam menyukseskan Pemilu 2024, dan berharap agar Kabupaten lain yang ada di Provinsi Lampung bisa mencontoh kegiatan seperti ini.

Sementara itu, Doan Endedi, SH dalam materinya juga menyampaikan, saat ini tahapan yang sedang berjalan adalah tahapan penerimaan Pindah Milih (DPTb), bila ada warga yang pada saat hari pencoblosan tidak berdomisili di tempat ktp, bisa mengurus pindah milih minimal 15 hari sebelum hari pencoblosan. Untuk mengurus pindah milih ini bisa menghubungi PPS setempat, PPK atau bisa langsung ke KPU Way Kanan.

“Seluruh tahapan sudah berjalan lancar, dari awal pencoklitan, penerimaan pendaftaran calon anggota DPRD Way Kanan dan dua tiga hari kedepan akan ada pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) calon Anggota DPD, DPR RI, DPRD PROVINSI dan DPRD Kabupaten/Kota, “tutup Doan.

Baca Juga  LaNyalla Minta Aktor Utama Penipuan Investasi Bodong Diusut

Ditempat yang sama, Ketua KWRI Way Kanan Ir. M.Fikri selaku narasumber juga mengajak kepada seluruh insan media untuk sama-sama berperan aktif menjadi pengawas seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024, serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memilih.

“Pentingnya publikasi media untuk dapat mengedukasi masyarakat tentang hak pilih yang dimiliki oleh seluruh warga, agar presentase partisipasi pemilih dapat meningkat, dibandingkan dengan Pemilu dan Pilkada lima tahun  lalu, ” Ajak M Fikri.

“Jurnalis miliki peran penting bagi dunia demokrasi Indonesia, karena dengan adanya jurnalis, seluruh pesan-pesan demokrasi bisa tersampaikan langsung kepada masyarakat melalui media yang dimilikinya.

Tak lupa juga saya mengingatkan bahwa kita para Insan Pers bekerja berdasarkan Undang – undang. Merujuk pada UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers, Tugas dan fungsi Pers yaitu Pengawasan, informasi, interpretasi, Tranmisi nilai, Pendidikan dan nilai. “Tutup udho Fikri (red/gnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *