PAC Ansor Blambangan Umpu Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

WAY KANAN, PemukaJaya.com (SMSI) – PAC Ansor Blambangan Umpu ikut hadir dalam pelaksanakan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila, bertempat di lapangan Kantor Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Kamis (01/06/2023).

Kegiatan upacara ini dipimpin langsung oleh Camat Blambangan Umpu Achmad Syapari, S.Ag dengan dihadiri para ASN Kecamatan Blambangan Umpu, Puskesmas, Kelurahan, BPK Kampung, Pemdamping PKH, Pendamping Lokal Desa, PAC Ansor Blambangan Umpu, serta siswa-siswi dari SMAN dan SMPN Blambangan Umpu.

Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB, dengan pengibaran sang saka merah putih dihadapan peserta upacara.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2023 yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”

Dalam upacara, Camat Blambangan Umpu Acmad Syapari, S.Ag.,M.Si membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bahwa Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar kita lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Baca Juga  Telah Dibuka Penerimaan Mahasiswa Baru STIT Al Hikmah Way Kanan Tahun Akademik 2023/2024

Adalah jiwa besar para founding fathers kita, para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman.

Berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah bhineka tunggal ika kita, Indonesia.

Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita selalu mengalami tantangan. Kebhinekaan kita selalu diuji. Ada pandangan dan tindakan yang selalu mengancamnya. Ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila.

Dan semua itu diperparah oleh penyalahgunaan media sosial, oleh berita bohong, oleh ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita.

Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, para ustadz, para pendeta, para pastor, para biksu, para pedanda, para pendidik, para budayawan dan pelaku seni, para pelaku media, dan jajaran pemerintahan, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

Baca Juga  Polres Peseawaran Pasang Police Line, Dilokasi Tanah Longsor

Sementara itu Ketua PAC Ansor Blambangan Umpu Verry Sanjaya, SE sangat bersyukur atas undangan dari Kecamatan Blambangan Umpu, yang mana telah melibat semua unsur Organisasi Kemasyarakatan dalam segala bentuk kegiatan yang ada di Kecamatan.

“Alhamdulillah, terima kasih kami ucapkan kepada Camat Blambangan Umpu Achmad Syapari, S.Ag.,M.Si telah mengikut sertakan kami di segala bentuk kegiatan yang ada dikecamatan.

Ini merupakan bentuk kepedulian beliau terhadap kami, kaum Pemuda yang tergabung dalam PAC Ansor Blambangan Umpu, semoga beliau diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam memimpin di Kecamatan Blambangan Umpu, “ungkap Verry.

Kami juga mohon dukungan dan arahan kepada Bapak Achmad Syapari sebagai Camat Blambangan Umpu, karena dalam waktu dekat ini kami PAC Ansor akan mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Ansor Kabupaten Way Kanan.

Acara ini, insya allah akan kami adakan ditanggal 9 – 11 Juni Tahun 2023 yang berlokasi di Gedung Serba Guna Kampung Sangkaran Bhakti. “Tutup Verry Ketua PAC Ansor Blambangam Umpu (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *