Harapan Senator DPD RI Bustami Zainudin Dalam Rangka HUT Kabupaten Way Kanan Ke 23 Tahun 2022

Way Kanan
Pemukajaya.com-Saya ucapkan selamat ulang tahun ke 23, untuk kabupaten Way Kanan, bersukur kehadirat tuhan yang maha kuasa, allah Swt. Bahwa kabupaten Way Kanan didirikan 23 tahun yang lalu.

Sejalan dengan perjalanan pembangunan, kita merasa bersyukur dan berbangga bahwa, pencapaian pembangunan semakin hari semakin tahun, semakin berkembang maju kedepan dan semakin kita menuju pencapaian pengentasan kemiskinan, dan kesejahteraan rakyat.

Tentu pekerjaan ini bukanlah hal yang mudah, membutuhkan waktu yang panjang, tentu niat semua pihak, pemerintah sebagai fasilator, regulator dan penyedia kebijakan kebijakan masyarakatlah yang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan tersebut.

Khusus di Way Kanan, pembangunan dibidang pertanian ini menjadi pokok utama kita. pertanian, perkebunan, kehutanan, perternakan, perikanan, inilah yang harus di optimalkan, karena Basis kita dibidang tersebut.

kita berkeyakinan sumberdaya manusia kedepan kabupaten Way Kanan, juga harus menjadi prioritas, agar daya saing yang kita inginkan, kita betul betul memiliki sumberdaya manusia yang handal dan cukup kompeten.

Baca Juga  Diduga Karena Arus Pendek Listrik, 1 Rumah di Jukubatu Banjit Terbakar

Tidak mungkin kita menuju daya saing, manakala, sumberdaya manusia kita hanya sebatas pendidikan SMA atau bahkan SMP, oleh karenanya jenjang vokasi perguruan tinggi ini, harus mendapat dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah melalui Apbd nya, agar betul betul bisa merengkrut tenaga tenaga terdidik di pedesaan.

Supaya didesa itu memiliki, kualifikasi sumberdaya manusia yang cukup. dulu kita punya mimpi sebenarnya, adanya pendidikan vokasi D3 pertanian dan perkebunan, itu arahnya untuk menjadi penyuluh penyuluh pertanian dan perkebunan yang ada di pedesaan.

Dan ini juga saya minta kepada pemerintahan desa atau kampung, untuk juga bisa memikirkan anggaran desa itu, untuk pendidikan anak anak dipedesaan di jenjang perguruan tinggi, karena ini sumberdaya manusianya dididik tidak terlalu Lama.

Baca Juga  Kegiatan Percepatan Penyaluran Program Bansos Di Way Kanan Oleh Kemensos,DPR RI, DPD RI

Kalau perguruan tinggi hanya 3 tahun, biayanya dan mereka pulang bisa langsung mengabdi didesa, kalau kita hanya memberikan subsidi hanya di SD, itu untuk mereka mencapai mereka berbakti ke Daerah atau desanya itu membutuhkan waktu 20 tahun lagi, tetapi kalau D3 perkebunan hanya 3 tahun sekolah sudah bisa pulang kekampungnya.

Dan yang lain lain, tentu saya berharap tidak ada tanah lagi yang terlantar, ibarat kata tidak ada sejengkal tanahpun yang tidak produktif di Way Kanan, itulah modal utama kita. supaya semuanya tertanam, semuanya produktif.

Apasaja hasil pertanian dan perkebunan itu yang penting bisa menghasilkan sesuatu dan bisa dijual di pasar, untuk meningkatkan masyarakat, terimakasih selamat ulang tahun ke 23 kabupaten Way Kanan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *