Bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Kades Muda Bandar Abung Pantau Kegiatan Ronda.

LAMPUNG UTARA

Pemukajaya.com-Dalam Upaya mewujudkan lingkungan aman dari gangguan kamtibmas seperti, Pencurian dan gangguan kamtibmas lainnya, Kepala Desa Bandar Abung bersama Babinsa, Babinkamtibmas Aktip Pantau Kegiatan Ronda Malam Yang Ada Diwilayahnya.

Ronda adalah berjalan keliling atau patroli untuk menjaga keamanan di desa baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dalam ronda biasanya terbagi dalam beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap jalan dan gang perumahan warga yang termasuk dalam satu desa atau dusun yang bersangkutan.

Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri sangatlah banyak yang diantara pokok intinya adalah, Menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal.

“Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah atauapun bencana alam, Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar warga dan Meningkatkan rasa kebersamaan antar penduduk dalam suatu Dusun atau RT maka kegiatan ronda ini harus aktip dilaksanakan”, Ucap Edi Purnomo Kades Bandar Abung saat berbincang bincang disela sela kegiatannya. Rabu malam (01/03/2022)

Baca Juga  210 Warga Desa Sumber Agung, Kembali Di Vaksin.

Kades Muda yang Akrap dengan sapaan “JAYO” juga menerangkan bahwa, Pelaksanaan Siskamling di Desanya merupakan ide atau gagasan dari masyarakat desa bandar abung bersama pemerintah Desa dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang tentunya hal ini dapat memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas.

Menurut Edi Kesadaran semua elemen masyarakat sangat di butuhkan dalam berpartisipasi di bidang keamanan dan ketertiban sehingga bisa terlaksananya kegiatan ronda ini dengan efektif, karena ini merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna untuk menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap warga masyarakat dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban di setiap lingkungan masing-masing.

Baca Juga  Wakapolres Tulang Bawang Barat Pimpin Sidang BP4R Untuk Personel Yang Akan Menikah.

Selain itu, untuk menumbuh kembangkan serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing, serta dapat terwujudnya kesadaran warga di lingkungan Desa merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh pemerintah Desa Bandar Abung.

“Semoga dengan adanya kegiatan ronda ini dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan yang terjadi di wilayah desa Bandar Abung. Dengan harapan dapat tercipta kenyamanan, keamanan, ketertiban dalam setiap aspek kehidupan di desa yang sangat kita cintai ini”, Harap kades muda tersebut kepada warganya. (Davi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *